12/14/2018

ANTARA BANK & IMVESTOR








#Modal

Memenuhi permintaan anggota saya coba menjelaskan alternatif pilihan untuk kita diskusikan.

Beberapa postingan mempertanyakan komposisi bagi hasil

Ada juga tulisan dan komen agar menghindari pinjam ke Bank. Tetapi ada beberap orang yang malah dikejar Bank untuk menambah kreditnya.

Mari kita coba bicara pilihan investor. Memilih investor karena tidak ribet dengan segala macam persyaratan. Kadang malah karena saling percaya justru tidak memakai Surat perjanjian.

Begitu juga dengan investor peer to peer di Fintech dengan bunga yang relatif tinggi karena risiko tinggi. High risk high return.

Memilih investor pada umumnya relatif nominal kategori kecil dan mikro.

Hubungan dengan investor pada umumnya antar teman atau keluarga yang saling mempercayai dengan atau tanpa agunan.

Memilih Bank pada umumnya wirausaha yang dapat dan mau mengurus berbagai izin dan dokumen agunan barang tidak bergerak maupun barang bergerak.

Jika Bank sudah percaya melihat perkembangan usaha maupun transaksi di rekening, Bank dengan relatif murah hati menambah pinjamannya. Karena wirausaha yang prospeknya baik nominal kredit tidak ada batasannya.

Lagi pula investor mendapat bagian keuntungan besar. Sedang fihak Bank hanya dapat sebahagian kecil berupa bunga.

Pengalaman invest diusaha teman kurang baik hasilnya walau sudah ada Surat perjanjian tetap hasilnya tidak menguntungkan.

Sedang sebagai bankir sudah diseleksi calon peminjam dan menguntungkan buat Bank, belum pernah saya sampai menyita agunan nasabah.

No comments:

Post a Comment