4/02/2018

KARTU KREDIT JADI MODAL


.Image may contain: 1 person, smiling, standing
Vivi Handayani
Dari modal Rp. 200.000  yang saya putarkan menjadi sabun cuci piring sekitar 80 ltr dan dijual dengan harga Rp 10.000 per liter. Dalam sehari mendapat keuntungan Rp. 600.000, saya tambahkan ke modal lagi esok harinya. Selalu seperti itu setiap kali ada keuntungan, saya tidak ambil sedikipun kecuali untuk kebutuhan sehari hari saja.
Alhamdullilah dalam sebulan ada sisa keuntungan sekitar Rp. 7 juta. Lelah letih tidak saya rasakan melihat hasil usaha yg mulai kelihatan. Meski cemoohan dari orang masih sering terdengar.hingga setahun berlalu .
Di suatu malam saat kami telah terlelap tdr ada panggilan telpon masuk dari nomor tidak dikenal.berulang kali,.akhirnya saya angkat ternyata telpon dari seorang anggota Dewan yang mengikuti perkembangan usaha saya. Dia tawarkan  bantuan mesin untuk menunjang usaha. Jam 12 malam kami berangkat ke kantornya karena APBD Banda Aceh akan segera diketok dan anggaran mesti segera di serahkan. Kami sangat terharu,  ada seorang wakil rakyat mau memikirkan kami yang telah jatuh tersungkur. 
Singkat cerita dengan bantuan mesin tersebut saya mulai merambah perhotelan ,rumah saki, laundry dan semua yang mengunakan chemical.
Image may contain: drink
Orderan pun mulai berdatangan. Saya lebarkan lagi menggarap konveksi keperluan seperti sprei ,sarung kursi, handuk, sendal dll. Saya lihat peluang lain dengan kerjasama perhotelan tersebut yaitu bisnis coporate penginapan yang bisa saya dapatkan. Akhirnya saya buka jugaTtravel wisata. Kami kerja sama dengan travel dari Malaysia untuk mendatangkan wisatawan dari Malaysia ke Aceh.
Puji syukur saya panjatkan kepada Allah atas semua pencapaian yang saya nikmati hari ini. Tinggal satu lagi cita cita yang belum tercapai yaitu membuka pabrik sendal hotel.. Semoga bisa terlaksana secepatnya. Semua ini saya bangun, jujur tanpa modal sama sekali, hanya saya memanfaatkan kebaikan dari Bank penerbit kartu kredit yang memberi kelonggaran buat nasabahnya, pembayaran sebelum jatuh tempo tidak  dikenakan bunga. Itu saja sama  bermodal dari perputaran dana kartu kredit. .
Image result for kartu kredit bri
Semoga kisah perjalanan hidup saya dalam membangun usaha ini dapat menjadi inspirasi buat teman teman, bahwa dunia itu tidak seindah angan angan kita. Yang terpenting jalani dengan sepenuh hati. Jika jatuh jangan larut dan segera bangkit dan berlari kembali. Tanamkan dalam pemikiran kita, aku pasti bisa.karena apa yang ada dalam pemikiran kita itulah yang akan terjadi pada diri kita.
 Buat para suami dukung selalu para istri karena kekuatan mereka ada di dalam pundak mu. Jika engkau ada selalu di depan mereka akan selalu menjadi pondasi yang kokoh dalam hidup mu.Buat para istri, selalu tawakal karena setiap masalah selalu ada rencana Allah yang indah dibaliknya, jangan mengeluh karena engkau pondasi kekuatan rumah mu, bangkit dan terus bersemangat kita pasti bisa.
Saya menulis ini hanya berbagi pengalaman pribadi bagaimn saya mengolah kartu plastik ( kartu kredit ) menjadi menguntungkan bkn sebaliknya.
Banyak sekali seminar workshop yang mengajarkan bagaimana mendapatkan utang sebanyak banyaknya tapi tidak ada yang mengajarkan bagaimn bisa memanfaatkan utang tersebut tanpa menjerat leher kita.
Image result for banda aceh kota

Baiklah to the points saja. Kartu kredit bagi sebagian orang hanyalah gaya hidup sebagai hiasan dompet, ajang pamer untuk gengsi gengsian.. padahal jika pemakaiannya tidak cermat bisa bisa kita akan digulung oleh gurita bunga yang ditimbulkan oleh bunga, bahkan ada yang sampai stress di teror oleh debt collector.
Belajar dari pengalaman orang orang yang sukses menaklukkan kartu kredit, saya pun menerapkan apa yang selama ini saya amati dan kemudian saya tiru.
Pertama tama, jangan pernah menggunakan kartu kredit untuk tujuan konsumtif. Boleh untuk sesuatu keperluan konsumtif tapi jangan lebih dari 10%, kenapa ?. Karena jika lebih pasti akan kalang kabut membayarnya..karena konsumtif tidak menghasilkan.
Kedua, jika pilihan kita sudah tepat untuk modal bisnis, pastikan bisnis yang kita lakukan dengan  modal kartu kredit tersebut sudah melalui riset yang panjang, dimana kalkulasi untung ruginya telah kita prediksi meski pun tidak 100% benar.
Tiga, jangan langsung pergunakan 100% dari total limit untuk memulai usaha baru, kecuali usaha yang telah berjalan dengan profit yang pasti.
Ke empat, disiplin dalam pemakaian dan pembayaran agar terhindar dari bunga berjalan .
No automatic alt text available.
Banyak hal usaha yang bisa kita mulai dari modal kartu kredit. Bagi yang hoby shopping, sering kali kita lihat heboh sale di supermarket supermaket besar misalnya sale minyak goreng, pampers, susu dll  Kita bisa beli dan jual kembali di warung warung kecil di rumah. Atau layani teman teman kantor kredit HP, alat elektronik dengan sistim potong gaji misalnya.. kita ambil peluang penawaran Bank penerbit yg memberi penawaran bunga 0% cicilan. Dan masih banyak lagi..

No comments:

Post a Comment