12/18/2018

MENYEWAKAN RUMAH DI Airbnb




Kami memiliki sebuah rumah di daerah Pejaten Barat dekat Kemang Timur, biasanya saya datang sekali-sekali saja kesana kalau lagi ke Jakarta. 
Ada beberapa guru dari Australian International School yang kost disana, dan kelihatan tahun-tahun terakhir tinggal satu pasangan saja.

Saya kemudian merenovasi kolam renang, mencat ulang seluruh rumah, dan membersihkan semua ruang dan kamar, menata dan mendaftarkannya pada Airbnb, setelah pasangan Australia yang menyewa kamar pindah ke Australia.

Berkomunikasi kepada penyewa, mengatur pembantu, terkadang menata menu dll, membuat saya sibuk, kegiatan yang sangat menyenangkan, karena setiap kali kita bertemu dengan orang baru, kharakter baru dan tentu saja dengan persiapan baru.

Saya tidak bertemu mereka secara langsung, tapi berkomunikasi lewat e-mail atau WA, ada rombongan dari Korea yang dengan percaya diri sewa mobil dan tersesat saat ketempat kami. Lucunya dia kirim gambar lokasi dia, padahal saya di benua Eropa dan dia di pasar minggu, mereka tidak bisa bahasa Inggris dengan baik. Akhirnya berbekal foto lokasi, saya minta satpam menjemput mereka dengan sepeda motor, dan akhirnya bisa membawa mereka kerumah, untung mereka berfoto dengan latar belakang Pejatenmall.

Ada yang membuat acara keluarga, ada yang sekedar ngumpul bersama teman, ada yang mau BBQ, atau berenang bersama sambil menginap. Tempat kami cukup luas untuk tempat berkumpul keluarga. anda dapat melihatnya pada page Roemah Ida, atau Airbnb Roemah Ida.
Kesimpulan:
Teruslah mencari potensi yang dapat di eksplorasi, jangan lupa untuk belajar dan mempelajari apa saja hal yang dapat kita lakukan.
Keterbatasan saya adalah jarak, yang dapat di jembatani oleh teknologi masa kini yaitu internet, pegawai disana bisa menghubungi saya kapan saja, demikian pula tamu, sehingga komunikasi berjalan dengan lancar.


Bisnis on line.

Jangan terlalu alergi dengan internet, atau mendiskreditkan mereka yang selalu memegang gadget , ada banyak hal yang dapat kita pelajari secara gratis lewat internet.
Semua tergantung kebutuhan kita, dan manfaat baik hanya akan anda temui pada bacaan yang positif , hindari membuka tulisan hoax, maka internet akan menjadi jendela dunia.

Terdampar di negri suami tidak membuat saya surut dalam melangkah, meskipun saya tidak boleh bekerja, (suami melarang saya jadi tukang bersih/sektor informal lain) karena saya tidak bersekolah disana, maka peluang kerja hanya pada jenjang tertentu.

Menerima pesanan makanan adalah bagian daripada kegiatan saya yang menyenangkan, karena memasak dan makan enak adalah hobby sekaligus memberi penghasilan tambahan buat saya.

Di saat putri sulung memutuskan untuk keluar dari rumah, maka kamarnya yang berupa studio, terletak di lantai paling atas rumah kami kosong, saya membersihkan dan menatanya, kemudian mendaftarkannya pada Airbnb.

Percaya atau tidak studio tersebut hampir tidak pernah kosong, begitu laris, mungkin karena lokasi rumah kami yang hanya dalam radius 2KM dari pusat kota dan stasiun KA.

Kamar yang di lengkapi tempat tidur double bed dan dua singel bed berbentuk drawer, dapur mini dengan peralatan memasak lengkap, toilet, sofa set, dan meja makan.

Perlengkapan handuk, wifi dan pada lemari es kami menyediakan minuman untuk di jual, juga makanan kecil, bahkan bagi yang menginginkan kuliner Indonesia bisa memesannya, dan saya memasak buat mereka.

Sebenarnya saya lebih suka menyewakannya kepada pelajar Indonesia yang sedang belajar di kota kami. Kota tempat saya menetap adalah sebuah kota pelajar dan terkenal dengan pusat kota sebagai medieval city atau kota abad pertengahan, lengkap dengan gedung tua, sehingga berasa seperti sedang berada pada masa lalu.

Studio Ida Gent, nama yang kami pakai, anda bisa melihatnya pada page FB juga pada Airbnb, hanya sekarang studio sedang snooze di Airbnb, karena ada mahasiswi Indonesia yang menyewa.


No comments:

Post a Comment