4/03/2018

BISNIS WiFi


Image may contain: 4 people, people smiling, indoor
Didi Darmadi, Stabat, Sumut.

Atas permintaan salah satu member disini saya akan membahas singkat dan padat tentang bisnis Wifi dengan bahasa yang se awam mungkin
1.Apa itu bisnis WiFi (Wireless Fidelity)
Secara singkat bisnis wifi/hotspot/rt-rw net seperti bisnis lainnya dimana kita membeli bandwidth internet secara bulk atau banyak dan diecer ke user.
2. Prinsip Dasar Hotspot
Kita membeli akses internet dari perusahaan A sebesar100mbps (upload 30mbps dan download 70mbps), kita konfigurasi di mikrotik, kita buat management bandwidthnya dan menjual dengan sistem voucher (bisa jual per jam, per hari atau per kuota tergantung owner).
User yang ingin berinternet hanya perlu membeli voucher dari dan mengkonek kan gadget mereka ke Wifi kita selama sinyal Wifi atau hotspot kita tercover.
 Kegunaan lain karena kita mempunyai akses internet, kita bisa menjual jasa lainnya seperti PPOB (tagihan listrik, pulsa dsb), jasa transfer uang, kuliner dengan menggabungkan sistem Wifi (beli minuman dan makanan free voucher 1 jam atau 2 jam) dsb nya.
Image result for wifi

Bagi daerah yang tidak ada akses internet dan mobile network nya masih jelek dan mahal, ini adalah bisnis yang sangat menguntungkan dan diminati.

3. Untuk memulai operasi, barang yang diperlukan (wajib) ialah :
a. Akses internet / bandwidth
Inilah sumber utama internet kita, maka dari itu disarankan untuk memilih yang bagus dan harga masuk akal.

Internet juga dibagi bermacam macam, ada broadband khusus dengan include IP public khusus untuk kita.
Kalau di Telkom Astinet dan yang sharing seperti Indihome, kita tidak mendapat IP public dan kecepatannya tidak fix.
Ada lagi Vsat melalui satelit dan banyak lagi yang lain. Disitulah terletak perbedaan harganya

Sebenarnya internet ini kita beli hanya dalam bentuk akses, kita beli jalur nya saja. Internet ini bukan produk, hanya jalur untuk saling berkomunikasi atau jalur untuk melewati data data.
 Related image
b. Tower Triangle (Monopole bagi yang kurang dana)
Fungsi tower ini hanya untuk mendapatkan ketinggian yang pas untuk mendapatkan jalur bebas hambatan yang dilalui sinyal wireless. Bukan menambah jarak tembakan (banyak yg salah disini)
Jadi awamnya kalau mau lempar bola dan ditanggap oleh orang lain dan ditengah  tngah ada tembok tinggi, apa yg dilakukan, yaitu dengan membuat tangga atau kursi sebagai penambah ketinggian supaya bisa melebihi tembok itu.Tangga itulah fungsi tower

Terus berapa ketinggiannya? Untuk menjawab, harus diketahui dulu
b1. Kita beli akses utama dari jalur FO / Kabel atau dari Jalur wireless. Kalo dari jalur FO biasanya tidak perlu tinggi towernya, karena kita hanya gunakan untuk menembakkan hotspot di daerah kita aja.
Kalau dari jalur wireless, tergantung lokasi nya. Biasanya yang menjual, menganalisa dulu medan yang dilalui wireless tersebut dan merekemondasikan ketinggiannya.

b2. Kita cuma mau hotspot sekitaran wilayah kita atau kita tembakkan agak jauh ke daerah lain? Kalau mau tembakkan ke tempat lain harus tinggi dulu untuk berjaga jaga dan wajib triangle. Karena radio yang diletakkan bisa berjumlah lebih dari 3 buah.
Tiang monopole tidak akan sanggup berdiri tinggi dan menahan beban radio. Tiang monopole juga memerlukan keahlian dan tentu saja keberanian luar biasa untuk memanjat dan waktu yang diperlukan juga jauh lebih banyak jika ada masalah, memasang atau mencabut perangkat radio
 Image result for radio link
3. Radio Link / Access Point
Fungsi Radio link ini adalah mengubah akses data menjadi sinyal wireless dan menembakkan atau menerima sinyal tersebut.
Nah Radio ini lah yang mempengaruhi jarak tembakan. Untuk pembahasan radio tidak akan dibahas karena memerlukan pengalaman dan ilmu yang tidak akan habis dibahas karena setiap merk  berbeda beda fiturnya, belum lagi memerlukan pengetahuan yang cukup tentang networking
.
Saya hanya akan memberikan panduan singkat,
Jenis radio yng umum ada 2, yaitu 2,4ghz atau 5ghz. Umumnya zaman now sudah pada beralih ke 5ghz. Merk yang paling terkenal adalah Ubiquiti. Umumnya type yang lebih mahal bisa membawa bandwidth lebih besar dan jangkauan yang lebih jauh daripada yang murah.
4. Switch Hub min 4 port (disesuaikan dengan skala usaha)
Fungsinya menghubungkan perangkat ke perangkat melalui kabel LAN.
.
Image result for router
5 Router Mikrotik min rb750 (sesuaikan dengan skala usaha)
Inilah otak utama bisnis Hotspot. Disini kita konfigurasi semuanya, dari manajemen bandwidth (membagi download dan upload), membuat sistem voucher nya, keamanan atau firewall dan sebagainya.
 Fungsi mikrotik sangat banyak dan tidak akan dibahas karena untuk mahir mikrotik biasanya memerlukan pengalaman lama dan bahkan workshop yang mahal.
Untuk menjadi expert memerlukan sertifikasi dari perusahaan Mikrotik sendiri yang tentu saja melalui tahapan ujian. Tetapi kalau untuk sekedar pengetahuan di bidang hotspot saja, tidak perlu sampai expert. Kecuali ada keinginan menjadi network engineer (Gajinya guede gila euy)
6. Kabel LAN Cat 5e / Cat 6
7. PC / Laptop untuk konfigurasi
8. UPS 1200va + Aki
9. Pengetahuan di networking dan IT
10. Keberanian memanjat tower
11. Listrik yg cukup, bagus dan stabil
Tips dari saya :

1. Perbanyaklah pengetahuan tentang IT dan netowrk. Pengetahuan ini yang menentukan sukses atau tidaknya usaha ini. Ikutilah workshop networking atau gabung ke komnuitas pegiat Wifi. Ini point yang sangat krusial

Kalau memiliki pengetahuan yg mumpuni, ambil bandwidth paling murah saja dan paling dekat. Saya rekomendasi Indihome.
Kalu tidak taHu apa apa, kita beli dari swasta atau ISP lokal dan minta disettingkan. Jadi tugas kita hanya mengeprint voucher. Harga tentu saja berbeda jauh karena rugi cuma karena minim pengetahuan. Selain itu banyak ISP lokal yang abal abal.Sudah mahal, kualitas dan pelayanan jelek. Kita hanya bisa pasrah karena minim ilmu.

2. Buka lah bisnis sampingan seperti fotokopi, warung dsb nya. Manfaattkan kepada costumer fotokopi dengan memasarkan voucher dan sebaliknya. 

3. Harga mementukan kualitas, sangat terasa di perangkat keras ini. Kalau budget ada, beli lah kabel yang bagus, merk perangkat yang terpercaya. Karena untuk long run, akan terjadi penghematan yang cukup besar. Ingat semua perangkat ini hidup 24 jam tanpa mati sedetik pun. Jangan gara gara hemat sedikit malah rugi lebih besar dan repotnya juga bukan main.
Bagi yang ingin menjalankan bisnis ini saya ucapkan Semoga Sukes. Ingat bisnis apapun asal dijalankan sungguh sungguh akan nikmat hasilnya.
.
Semoga membantu
Related image

No comments:

Post a Comment