4/03/2018

AKU CINTA SUPPLY CHAIN


Image result for konstruksi jalan tol
by Abe Raharja, Kebumen

Beberapa kali ada post dari om Pinondang Situmeang tentang kredit bank. Diatara sekian kriteria bank memberikan kredit yaitu 5 C merupakan akronim dari Character, Capacity, Capital, Condition, Collateral.
Hal paling penting ketika pertanyaan Capital (kemampuan uang yang kita miliki dan hasilkan), oleh karena pada akhirnya bank mempertimbangkan kemampuan bayar debitur terhadap kewajiban pembayaran hutang tersebut. 
Image result for kebumen bank bri
Bank BRI Kebumen
Patokan ini saya jadikan kesimpulan ketika melakukan rekayasa bisnis (business engginering). Model bisnis yang dilakukan ketika memulai adalah pendekatan memperoleh transaksi terlebih dahulu.
Sebagai contoh menjadi bagian dari Supply Chain perusahaan BUMN Karya. Ketika program infrastruktur begitu menggeliat bernilai triliunan maka BUMN karya mendapatkan penugasan tersebut.
Proyek tersebut memiliki supply chain, sebut saja penyediaan material bangunan. Ketika kita memiliki potensi quary pasir sebagai contoh, maka lakukan pengajuan kepada BUMN itu untuk menjadi mitra penyedianya.
Tahap ini menjadi krusial pada tahapan bisnis berikutnya yaitu bagaimana merekayasa keuangannya. Kreditur baik bank maupun non bank akan balik jatuh cinta pada Anda, karena Anda memiliki potensi kemampuan bayar atas transaksi dengan BUMN tersebut sebagai contohnya. 

Berlatihlah pada mentor yang memiliki kompetensi seperti itu, dan di group ini bisa jadi chanellingnya.

No comments:

Post a Comment