12/18/2018

JASA SETRIKA, MODAL MINI


Reposting untuk PUAN...….

Muhammad Ikhsan


Setelah sedikit bertukar pikiran dgn istri, akhirnya saya memutuskan untuk membuka usaha apa saja, asalkan harus dibidang jasa ( karena saya menganggap peluang bisnis dibidang jasa lebih jelas, nyata dan tidak ada matinya ) . “Tapi kiran kira apa ya ?”, kata saya kepada istri. Istri masih tetap dengan pendiriannya membuka laundry, Hmmm, the power of emak emak sedikit mulai diterapkan olehnya.

Saya diam sejenak dan lalu panggil istri lagi dan bertaanya :” Yakin kamu mau buka laundry lagi ?”.
“ Iya yakin”,  jawabnya. 
“Sekarang modal kita tidak lebih dari Rp. 8 juta. Saat itu, kebetulan saya dapat pesangon peralihan kontrak kerja dari perusahan lama ke perusahaan baru, pemenang tender transportasi di perusahan minyak tersebutt.
“Apakah cukup uang segini untk buka laundry, sementara disekeliling kita sudah menjamur usaha laundry kiloan dengan teknologi yang sudah cukup mumpuni ?.
“Saya ada kalung & gelang emas, kita jual saja ini untk tambahin modalnya”
“Masih tidak cukup itu, kalau bisa emas yang ada jangan di jual, apalagi itukan emas turun temurun dari orang tua kamu dek”.


L alu saya kembali bertanya :” Kamu kan ibu Rumah tangga, kira kira pekerjaan rumah tangga apa yang paling menyita waktu ?.
“ Menggosok” jawabnya singkat.
Ting.., seperti mendapatkan sebuah hidayah, lalu saya bilang :
“Dek gimana kalau kita buka jasa setrika pakaian saja, sistem tetap sama kiloan seperti laundry, yang mana resiko lebih kecil, tidak memikirkan kain orang kena luntur, tidak diumpat pelanggan karena pakaian mereka kurang bersih”

Secara disetiap rumah tangga pasti sudah mempunyai mesin cuci, yang mana mereka pasti tidak begitu repot dalam pekerjaan itu, tinggal letakkan kain kotor ke mesin, isi air lalu tambahin detergen sesuai keinginan mereka. Tapi jelas tidak dengan menggosok pakaian yang telah mereka cuci. Pasti waktu mereka akan tersita untk itu,


Dan kebetulan Ruko kita ini dikelilingi perumahan yang kebanyakan dari mereka adalah pekerja baik itu suami ataupun istrinya. Kemarin saya ada lihat iklan setrika uap yang menggunakan gas elpiji hasil setrikanya lebih rapi dari setrika listrik, lebih cepat & aman.

Dana yg ada saat ini lebih dari cukup untuk membelinya, Rp.6 juta sudah sama ongkos kirimi, sedangsisanya bisa dipakai untuk menyetak spanduk & brosur untuk disebar ke perumahan perumahan.

Seiring berjalannya waktu, usaha ini bergeliat, tepat pada Januari 2017, apa yang saya cemaskan sebagai karyawan kontrak terjdadi, kontrak kerja hampir 800 orang karyawan jasa transportasi ditempat saya bekerja tidak diperpanjang dan saya termasuk di didalamnya.

Alhamdulillah, walaupun saya berhenti bekerja tetapi tidak membuat kami berhenti berpenghasilan. Sekarang saya dan istri fokus pada usaha kecil kami ini. Saya juga tidak canggung pada peralihan ini, karena dulu saat masih bekerja, dihari off, saya selalu fokus membenahi setiap kekurangan dari usaha yang telah kami rintis ini.

Alhamdulillah penghasilan kami saat ini jauh lebih baik dari saat saya masih menjadi seorang pekerja kontrak diperusahaan Migas tersebut. Maka dr itu nikmat ALLAH mana lagi yang akan kami dustakan ?.

Maaf jika tulisan saya ini agak belepotan, krn memang saya bukanlah seorang penulis, dan mudah mudahan bisa menjadi inspirasi buat rekan rekan yang ingin membuka usaha dgengan modal terbatas seperti saya. Saat ini perbulan nya kami bisa meraih untung kotor  Rp. 12  - 15 juta perbulannya diluar gaji kryawn..

Ruko tidak sewa, jika rekan rekan ingin mencoba usaha yang sama tetapi belum sanggup menyewa tempat, manfaatkan saja ruangan yang ada dirumah, bisa itu paviliun, gudang, ruangan kosong dsb, yang penting sirkulasi ruangan tersebut harus ada & terbuka untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan dari kesalahan & kelalaian kita dalam menggunakan gas elpiji.

Semoga bermanfaat bagi anggota grup PUAN

Mau join di  grup FB PUAN, Google saja Pasar Usaha Anak Negeri





                                                ***

















 

No comments:

Post a Comment