4/23/2018

6 KESALAHAN UKM YG MENGURAS CASH FLOW

Related image

Burhan Green Crab

Banyak usaha yang sebetulnya masih menguntungkan, tetapi harus terkapar di tengah jalan karena salah dalam management cashflow
Saya cerita pengalaman sendiri, ketika usaha mulai berkembang dan menunjukkan hasil positif, saya melakukan banyak kesalahan terkait masalah cash flow, sehingga tabungan istri pun ikut terkuras habis dan butuh waktu bertahun tahun untuk pulih.

Kecerobohan dibawah ini bisa menjadi pelajaran untuk calon wirausahawan :
1. Terlalu optimis
Tanpa menyiapkan kemungkinan terburuk jika rencana pengembangan gagal, kita bisa membaca cerita dari ibu Indi mela ketika meminjam untuk membangun gudang
Saya pun mengalami, ketika investasi di bidang yang sama, ketika merasa berhasil di tempat awal , belum tentu jurus yang sama bisa di terapkan di tempat lain maka perlu plan B jika gagal agar tidak mengganggu cash flow .
2. Ekspansi Bisnis lain.Melirik peluang usaha lain di luar core usaha . banyak orang termasuk saya gagal di bidang usaha baru yang terlihat menjanjikan, tetapi setelah terjun malah menguras uang . Apakah ini salah , saya rasa tidak. tetapi harus di persiapkan kemungkinan terburuk jika kita gagal di bidang usaha baru kita tetap masih bisa bernapas .
3. Piutang membengkak. ,
Banyak orang karena terlalu bersemangat sehingga ceroboh memberikan barang kepada distributor dalam jumlah besar. Tetapi ketika tagihan jatuh tempo , sulit di cairkan . hampir rata rata usahawan pemula mengalami hal ini. 
Selain menyelidiki distributor, kita jangan cepat melayani jika tiba tiba ada pesanan yang tidak lazim. Biasanya berpotensi macet .

Image result for piutang
4. Pengeluaran pribadi,
Menggunakan uang usaha. Terutama pengusaha muda ketika ego masih tinggi kadang menggunakan uang bisnis untuk konsumsi dan gaya hidup agar terlihat sukses.

Seorang teman usia masih 20 tahunan memiliki bisnis produksi batu bata , kesulitan cashflow gara gara ini , padahal dari segi bisnis mash menguntungkan. Ada lagi teman memiliki rental mobil sebanyak 15 unit, dan dia tiba tiba meningkatkan gaya hidupnya menggunakan uang, usaha hancurlah dia .


Image result for rental mobil
5. Bebagai godaan.
Semakin tinggi pohon semakin kencang angina bertiup, akibatnya banyak pengusaha kecil hancur karena tidak tahan bermacam2 macam godaan.

Tidak terhitung jumlah teman yang mengalami kesulitan likuiditas karena memburu kenikmatan . rata rata ketika terlibat perselingkuhan, selain rumah tangga hancur , kemudian bisnis mengikuti.
Mmeskipun semua orang tahu , tatapi tetap masih banyak orang melakukan kesalahan yang sama, menjauhi dunia malam adalah langkah bijak . 90% teman bangkrut karena dunia malam. Jika cewek keluar malam menghasilkan uang beda sama cowok keluar malam siap siap tenggelam .
6. Memanjakan anak.
Kadang kita terlahir di keluarga susah , sehingga tidak bisa mengontrol pengeluaran untuk anak, menuruti kemauan anak kebanyakan akan membuat bencana dalam usaha . ini juga kesalahan umum. Kadang anak menjadi simbol gengsi bagi orang tua sehingga kurang bisa mengontrol. dan tentu menjadi lonceng kematian terhadap usaha ketika anak terbiasa di manja dan harus melanjutkan usaha .
Terimakasih


No comments:

Post a Comment