4/23/2018

BERDIRI 2 BULAN, DAPAT PINJAMAN $ 1 JUTA


Image result for stacker container tanjung priok


Pinondang Situmeang

Never give up.
"Bapak juga tahu kalau perusahaan bapak kan baru, belum memenuhi syarat dapat pinjaman", kata seorang teman Dirut leasing joint Bank BUMN dan Bank dng Jepang di Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta.
Tidak tersinggung, saya dan isteri tercinta menemui seorang teman kepala cabang bank BUMN di Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Jawabannya hampir serupa dengan apa yang dikatakan Dirut leasing joint Jepang diatas.
Pada hal dapat info bahwa ada kesempatan bagus untuk menyewakan alat berat di pelabuhan Tanjungpriok. Kesempatan tersebut jangan sampai lepas. Tidak mau menyerah, saya telpon teman, seorang Dirut perusahaan leasing lokal di bilangan kota. Jawabannya juga 11 12,hampir sama : "Kami belum ekspansi pak", katanya. Tapi dengan baik hati dia memberi 2 nama temannya, direktur leasing yang lain.

Image result for bangkok bank jl.sudirman
Bangkok Bank

Saya datangi leasing pertama di kantornya di lantai 3 Bankok bank, di depan Bank Indonesia JL. Thamrin. Jawabannya idem, belum ekspansi.
Jadi 1 bank dan 3 leasing say no. Apa saya give up ?.Tidak. Lalu mobil kami meluncur menuju leasing ke 4, di Jakarta Selatan, naik lift di Summitmas tower, Jl.Jend. Sudirman menemui Direktur leasing joint venture Bank BUMN lain dengan Bank Jepang.

Image result for summitma tower, jl sudirman
Summitmas Tower

Direktur Indonesianya dng senyum manis menerima saya dan istri di ruangan yang mewah, Isteri saya adalah Direktur P.T keluarga juga, yang baru berdiri 2 bulan. Saya memperkenalkan diri dengan menyebut nama yang merekomendasikan kami yang tentu dia kenal. Lalu dia membaca sekilas proposal yang sangat sederhana yang saya susun sendiri dalam 3 hari.

Hanya sekitar15 menit pertemuan itu, kemudian dipanggil stafnya dan ditugaskan untuk mempelajari proposal kami. Kami pulang dengan wajah berseri seri, bermimpi disiang hari.
Sesuai SOP leasing tsb keputusan yes or no maximum 14 hari kerja. Disuatu siang telpon di rumah berdering, dari staf leasing, contact person kami,  katanya:"Permohonan bapak disetujui sekian". Kami pun mengucap syukur, doa kami dikabulkan.
Jadi 3 kantor kami datangi dan menelpon 2 direktur. Akhirnya, kantor terakhir yg menyatakan Yes.
Leasingnya 2 alat berat relatif cukup besar, US$ 1 juta. Walaupun saya tidak pengalaman dibidang persewaan alat berat, tapi dengan penuh passion dan tanggung jawab saya mau belajar keras, wong saya taunya hanya ekonomi/keuangan.
Selain itu saya juga pernah memulai usaha kecil yaitu usaha Catering. Usahanya kecil tapi kerjanya berat. Istri harus bangun subuh. Menjalankan alat berat dng hutang gede justru lebih ringan.
Pernah juga buka usaha konsultan IT. Kerjanya enak tetapi hasilnya tidak begitu besar.
Jadi tidak usah takut memulai usaha apa saja, kerjakan dng passion, penuh cinta. Dan kalau cari pinjaman tangan harus dibawah dan jangan cepat menyerah.

Top of Form
Image result for port of jakarta tanjung priok pelindo II
Kantor P.T.Pelindo II, Tanjungpriok







No comments:

Post a Comment