4/08/2018

TEKHNOLOGY & INKUBASI BISNIS UMKM

Image result for tekhnology inkubasi bisnis
Iwan Iwut Tirtoasmoro

Ijinkan saya sharing terkait topik Dukungan Teknologi dan Inkubasi Bisnis untuk mendongkrak daya saing UMKM.
Secara singkat latar belakang saya terkait dengan topik tsb, Saat ini saya aktif di Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI). Saya juga reviewer di beberapa program insentif terkait Wirausaha Pemula

Sy bekerja sbg Dosen di Telkom University (dulu STT Telkom). Thn 2008 memprakarsai pendirian Bandung Techno Park (BTP). BTP adalah institusi yg bergerak untuk mendukung pertumbuhan Wirausaha berbasis teknologi (dlm hal ini fokusnya ICT). Layananannya termasuk inkubator bisnis, layanan desain teknologi, co-working space, dll.


Image result for bandung techno park
Pada bulan Januari 2015 Presiden Joko Widodo berkunjung ke BTP dan menyatakan BTP sebagai role model untuk Techno Park yang akan dibangun di kota kota lain khususnya bidang ICT.
Saya mengerjakan bisnis antara lain dibidang desain interior, IT, dan konsultan.
******
Terkait dengan itu, ijinkan saya berkontribusi dalam grup ini seputar inkubator bisnis dan teknologi.

INSENTIF PPBT
Kementrian RistekDikti sudah 3-4 tahun ini melaksanakan pemberian insentif bagi para wirausaha pemula dengan pagu dana kisaran Rp. 300  - Rp 500 juta. Dana bantuan diberikan kepada seratusan lebih PPBT. PPBT - Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi adalah istilah baku di kementrian bagi sebutan startup/UKM yg berbasis teknologi. Program ini terbuka untuk umum dan untuk semua bidang fokus, seperti pangan, kesehatan, transportasi, teknologi informasi, hankam, dll.
Utk tahun 2018 ini tinggal pelaksanaan program (pendaftaran sdh tutup). Pendafataran untuk tahun 2019 akan dibuka pada pertengahan tahun, sekitar bulan Mei-Juli ini. Bagi yg ingin informasi detailnya, silahkan pantau di link:

CARI MITRA
Bagi teman teman yang berminat mengembangkan bisnis UMKM berbasis teknologi, dan belum ada gambaran bagaimana memulai, saya perlu sampaikan gagasan berikut ini.
Pelaku UMKM teknologi tidak harus memiliki teknokoginya sendiri. Perguruan tinggi, lembaga lembaga litbang seperti LIPI, BPPT, BATAN dll memiliki banyak sekali hasil teknologi yang melalui dukungan insentif tersebut mereka perlu mitra entrepreneur. Pada umumnya Dosen/inventor dan Peneliti (apalagi PNS) tidak diperbolehkan menjalankan bisnis dari teknologi hasil temuannya. Mereka membutuhkan mitra khususnya para entrepreneur/ pelaku UMKM dibidang terkait untuk menggunakan lisensi teknologinya.
Salah satu persoalan ekonomi inovasi yang kita hadapi adalah kedua aktor tsb belum terbiasa bersinergi. Maka, cobalah cari informasi ttg Mitra tsb.

Related image
Related image

Saya akan contohkan UMKM MANGANO sebagai ilustrasi di bawah.
Mitra berikutnya yang perlu anda jajaki adalah Lembaga Inkubator Bisnis, yang hampir disetiap kampus sekarang ini ada. Ada juga yg diinisasi oleh Pemda, swasta, bahkan Kadin. (Sebagian baru tahap awal pendirian). Peran inkubator adalah membantu UMKM binaan Dalam hal pengembangan bisnis, legal/perijinan, akses pendanaan, menyediakan working space, dll.

INSENTIF TBIC Puspiptek Serpong
Selain Insentif Kementrian Ristekdikti yg berlaku secara terpusat, TBIC Puspipgek Serpong jg memberikan insentif serupa dg pagu dana Rp. 200  - Rp. 350 juta. Hanya saja ini khusus wilayah JABODETABEK.
Hari ini (28 Feb 2018) adalah Kickoff program thn ini oleh Bpk Meteri Kemenristekdikti. Bagi Anda yang tinggal diwilayah ini, jika berminat bisa memantau informasi di

Saya akan menceritakan sedikit UMKM dengan label produk MANGANO, yg merupakan produk makanan, masakan Indonesia siap saji dalam kemasan yang tahan lama dengan teknologi kemasan.
Dibina oleh inkubator IPB. Dua tahun lalu mendapatkan insentif ini, dan dana digunakan untuk menyempurnakan produk, perijinan dan memperluas jejaring pasar. Kini produknya sudah mulai menembus ekspor ke Korea Selatan.


Image result for ipb
Di TBIC, selain dana juga diberikan ruang kantor dan ruang produksi.
Demikian, para entreprenuer tidak harus memiliki teknologinya, dan bisa memperoleh dukungan dukungan lainnya.
BANTUAN TEKNOLOGI
Singkat saja, selain insentif permodalan, ada juga



No comments:

Post a Comment