4/08/2018

SESUDAH LULUS SARJANA BISNIS APA

Image result for kuningan juwana pati
Kerajinan kuningan, Juwana

Taryono Putranto

Banyak pertanyaan yang muncul kalau mau bisnis sebaiknya usaha apa.Sebenarnya produk dan model usaha banyak terbentang luas di pulau Jawa. Sebagian terbesar industri kecil yang bersifat "manufacturing" ada di seluruh pulau Jawa.
Saya sebut sebagian, penghasil kerajinan tembaga bisa di cari di desa Tumang, Boyolali, Jawa Tengah dan kerajinan perak di Kotagede, Yogjakarta. Sedang  kerajinan Kuningan coba cari di Juana , Pati, Jawa Tengah.

Image result for perak kotagede
Kerajinan perak, Kotagede

Belum lagi kalau bicara tentang industri kecil textile dan tenun ikat bisa di cari di sepanjang jalan desa Troso. Jepara, Jawa Tengah. Kerajinan monel sama saja, ada sentra industri monel, nyaris satu desa berkarya perhiasan mone di Jepara juga. Belum lagi kalau kita bicara mebel, bisa dikata pabrik mebel terbesar di dunia itu adanya di Jawa. Pabriknya sekota Jepara, mulai dari jeblos kayu sampai ukir tatah dan finishing bisa di cari disana.
Di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, banyak industri bordir di setiap rumah di satu desa produksinya adalah bordir. Kota lain di Mojokerto, Jawa Timur, ada desa yang produksi cor logam untuk jadi assesoris hiasan rumah, patung patung kecil dari logam, sama seperti industri Kuningan di Juana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah..

Image result for bordir tasikmalaya
Bordir, Tasikmalaya

Satu persamaan adalah mereka terklaster dalam satu area .Contoh lain adalah industri marmer di Tulung agung, Jawa Timur nyaris sederet di jalan desa menjadi showroom marmer, terutama yang berbentuk patung. Jadi, dimana sulitnya berusaha bagi yang fresh graduate.

Related image
Marmer, Tulung Agung

Caranya.
Coba pilih salah satu target klaster industri seperti diatas dengan hidup dengan mereka secara berkelanjutan . Kontrak rumah di sana atau kos kalau tidak ada duit.. Tinggallah disana paling tidak selama setahun.

Kunjungi semua pengrajin , ikuti selalu arisan bapak bapak, kenali semua tukang yang terlibat pada industri tadi. Sementara dari awal mulailah memcreate "toko" , buat webshop yang memfokuskan pada industri setempat yang terpilih. Website kalau benar secara kaidah butuh waktu sekitar 3 bulan untuk menjadi leading search di mesin pencari, sambil kontak dengan produsen (yakinkan hati, perkara ini makan hati), optimasi toko online, sarana pemasaran paling murah dan mudah..
Toko tadi jangan hanya menjual produk, tapi cobalah menjual bisnis trip kewilayah tersebut . Banyak turis bisnis yang akan datang ke sana. Mereka adalah pemilik toko offline dan online didaerahnya .

Related image
Turis bisnis kerajinan


Kalau anda paham benar dengan produk setempat mulai dari perilaku, bahan baku, proses produksi, finishing sampai pola distribusi dan ahippingnya. Turis bisnis tidak akan atau jarang yang mau ribet ketemu supplyer satu per satu. Dengan deal cantik biasanya mereka akan menyerahkan pada pihak yang paham.
Berapa modalnya.
Modal awal cuma ongkos bis dari rumah sampai lokasi, beaya kos dan beaya hidup di daerah selama sekitar 3 bulan.Ini murah banget, dibanding dengan ongkos kuliah. Biasanya kalau memang tekun 3 bulan bisa mulai menjual.
Jangan lupa, memsiapkan design design yang baru kreasi anda sendiri, jangan tergantung dengan design yang ada. Sekali design menarik buyer/pembeli akan repeat order. Kalau tidak bisa membuat design sendiri, banyak portal yang menyediakan jasa pembuatan design, bisa beli dari mereka yang fahami pasar luar dan juga pasar lokal.
It is sound good to be true.
Nampak memang mudah , saya pribadi berkali kali melakukannya, bahkan benar benar mulai dari modal sedikit, sampai bisa membuat brand dan membangun fabric kecil, hanya saja kalau tidak yakin tidak usah dilakukan, ngopi dirumah saja, enak.
Top of Form


                                    ***

No comments:

Post a Comment