7/09/2018

FUNGSI BILYET GIRO

Image result for bilyet giro
PINONDANG SITUMEANG
Bagi pengusaha, penggunaan Bilyet Giro atau yg dikenal dng Giro tidak asing lagi. Tetapi bagi wirausaha pemula barangkali masih kurang faham fungsinya.
Giro dipilih sebagai alat pembayaran non tunai yaitu pemindah bukuan dari rekening si pembayar ke rekening penerima pembayaran. Jika pun Giro ini tercecer, tidak akan bisa dicairkan tunai.
Mungkin ada dealer kendaraan yang meminta puluhan lembar Giro dengan tgl yang tertulis dengan tgl yg sama bulan yang berlainan.

Image result for mobil baru 2018
Ada juga kerjasama usaha misalnya seorang meminjam dana dengan jaminan Bilyet Giro beberapa lembar. Tidak ada yang salah dengan kerja sama ini, yang penting ada saling percaya.
Saling percaya karena sudah mengenal latar belakang si peminjam atau ada orang lain yang sudah mengenal kharacter peminjam.
Walau sudah punya info tentang kharacter peminjam tetapi itu belum cukup kuat. Sebaiknya ada jaminan seperti Sertifikat tanah atau bpkb kendaraan misalnya.

Karena bisnis itu bisa untung bisa rugi maka jika terjadi kerugian kerja sama bisa timbul masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dibuat "Surat perjanjian" sehingga si peminjam tidak bisa mempermainkan. Jika pd waktunya si peminjam ingkar janji maka dng Surat perjanjian dia bisa dituntut perdata.
Seseorang wirausaha mungkin ada sebabnya kenapa tidak bisa meminjam dari Bank atau Koperasi. Selanjutnya memilih penyandang dana yg banyak disekitar kita tetapi tidak mengerti menjalankan usaha.
Tetapi kita harus jeli bahwa si peminjam mungkin tidak terbuka karena dia bisa meminjam dana dari lebih dari satu orang untuk digunakan untuk satu proyek, usaha ataupun satu Purchase order. Karena kebanyakan hutang maka pada waktu yg diperjanjikan tidak mampu membayar semua hutang hutangnya kepada beberapa orang. Nah disitulah mulai timbul masalah. Untuk itulah perlunya Surat perjanjian. Format Surat perjanjian akan ditulis pada kesempatan berikutnya.
Image result for sertifikat hak milikKembali pembicaraan tentang Bilyet Giro. Giro tidak hanya pembayaran di satu kota. Pembayaran dng Giro dari pengusaha dari luar kota misalnya seperti distributor barang. Bilyet Giro tsb diserahkan ke Bank terdekat untuk ditagihkan ke Bank di kota lain. Ini yg disebut dengan Inkaso.
Bisa saja yg punya Giro tsb belum punya saldo yg cukup dan perlu menunggu beberapa hari baru Giro bisa cair dan kemudian dananya ditransfer ke kota awal.
Jika pada saat tanggal yang tertulis di Giro tsb ternyata dana di rekeningnya tidak cukup maka akan timbul masalah antara kedua fihak. Disamping itu timbul masalah lain yaitu masuk BI list atau masuk Black list jika Giro kosong sampai 3x.
Mungkin banyak yg belum tahu kalau Cheque kontan itu bisa dirubah menjadi Giro yaitu dengan mencoret dua garis disebelah kiri atas muka cheque tsb.
Jadi berhati hatilah menerima Bilyet Giro sebagai jaminan pembayaran.

Image may contain: one or more people, people standing and indoor

No comments:

Post a Comment