4/10/2018

POTENSI KAYU JABON


Image may contain: 1 person, plant, tree, outdoor, nature and closeup
Burhan Green Crab, Kediri

Bagi anda yang memiliki pekarangan di kampung, bisa mencoba menanam kayu Jabon atau Sengon ,Kedua kayu ini harganya cukup setabil diatas Rp. 800.000 per kubik (harga petani ) atau sekitar Rp. 1.600.000 per pohon, usia 6-7 tahun .
Untuk luas satu hektar bisa di tanam di kisaran 400 pohon . Biaya bibit perpohon sekita Rp. 2500- Rp.4000. Pupuk dan obat untuk ulat daun kisaran Rp.10.000 –Rp. 15.000 . Batang pohon di kasih limbah tembakau untuk mencegah ulat tanah yang memakan akar .
Image result for pohon jabon
                  Pohon Jabon

Jika anda punya modal besar , harga tanah di desa sekitar Rp. 250-  Rp. 400 juta / perhektar. Jika rata rata perbatang bisa laku Rp. 1 juta, maka modal untuk membeli tanah akan balik untuk satu kali panen .
Untuk jenis kayu saya merekomendasikan Jabon , karena kambing tidak mau , jadi tidak ada ancaman pencurian daun untuk pakan ternak , dan juga batang lurus , karena cabang mati sendiri , berbeda dengan sengon yang harus ada pembersihan cabang .
Kelemahan Jabon , kabarnya harga lebih murah . selain itu perawatan umur dibawah 1 tahun ribet karena serangan ulat daun. Tanaman milik saya baru berusia 2 tahun dan ini pertama saya mencoba .

Related image
                      Pohon Sengon

No comments:

Post a Comment