4/05/2018

MAHASISWA, TENGKULAK ES KELAPA MUDA

Image result for es kelapa muda
.
Banoan Endi, Balaraja Jabar.


Semasa kuliah dulu saya punya kawan yang luar biasa. Dengan modal Rp. 600.000, dia bisa dapat laba paling kecil Rp. 540.000 tiap hari. Memang prosesnya hampir 1 tahun untuk mendapatkan laba sebesar itu dengan langkah cerdas dan tekun. Cukup waktu 10 bulan dengan modal Rp. 600.000 bisa mendapatkan laba minimum Rp. 540.000. Itulah yang membuatnya luar biasa.
Teringat ketika awal merintis usaha es kelapa muda di pinggir jalan area kampus, dia kebingungan mendapatkan kelapa dari tengkulak. Ahirnya dia beli kelapa dari pedagang es kelapa muda yang sudah besar. Keuntungannya pun hanya sedikit, makanya jualan selama 1,5 bulan, modal baru balik Rp. 600.000 itu. Dia berjualan menyesuaikan jadwal kuliah, tidak full setiap hari.
Related image
Dari modal balik Rp. 600.000 tadi, lalu dia buka lagi 1 lapak lagi, dalam satu bulan kemudian dia dapat keuntungan Rp. 1.500.000. Lalu dia membuka dua lapak, dalam sebulan kemudian dari empat lapak es kelapa dia dapat untung Rp. 3.000.000.  Kemudian dia buka empat lapak lagi dan dalam kurang dari enam bulan dia punya delapan lapak es kelapa muda yang tersebar di Sampangan sampai Ungaran- Semarang.
Related image
Karena permintaan kelapa muda yang semakin banyak, ahirnya dia cari tengkulak kelapa di Temanggung. Setelah itu dia memberanikan diri menyewa truk setiap minggunya untuk membawa kelapa muda dari Temanggung ke kostnya.
Halaman kost yang kecil dan sering di tegur ibu kos, karena kelapa yang ditumpuk di depan kos. Akhirnya dia menyewa lahan untuk dijadikan gudang kelapa.
Untuk menyokong usahanya, dia memberanikan diri meminjam dari Bank sebesar Rp. 20.000.000.
Hanya dalam 10 bulan  sejak awal punya lapak es kelapa muda, lapaknya sudah berjumlah 12 lokasi dimana setiap lapak, paling kecil dapat keuntungan Rp. 40.000
Untuk menjaga lapaknya, dia mengajak mahasiswa semester ahir yang sudah jarang kuliah.Sejak itu saya menjadi yakin, berjualan dengan keuntungan kecil tapi lapaknya menjamur di mana mana, itu luar biasa.
Tentunya manajemen mental dan waktu harus baik untuk mengelola itu semua. Sekarang saya dengar kabarnya dia sudah jadi guru, dan sudah merambah jadi tengkulak kelapa muda.
Otak kalau sudah dipakai dengan cermat untuk bisnis ditambah ketekunan, sudah pasti luar biasa hasilnya.
Catatan : lain waktu akan saya tuliskan rahasia dia memenejemen lapak es kelapanya beserta kegagalannya.


Banoan Endi

No comments:

Post a Comment