5/27/2018

UNTUNG TIPIS, ORDER CONTINUE


Related image
Zzen Hasibuan
Cerita ini saya, Pinondang Situmeang, admin Wirausaha Pemula Indonesia, minta ijin menuliskannya yang saya kutip dari messenger semalam mengingat pak Zen kurang pintar merangkai kata.
Dia punya prinsip yang perlu ditiru yaitu "Untung tipis tapi continue dapat order".
Kisahnya panjang, dia mulai sejak thn 2001 berjualan di kaki lima di Bandung. Pada thn 2010 jualan di kaki lima makin terdesak akhirnya beralih ke usaha rumahan.
Coba memasok ke Garsel yang punya katalog banyak jenis barang. Dia menawarkan model tas wanita, alhamdulillah diterima. Memang untung tipis tapi ada jaminan order sepanjang tahun juga bisa mempertahankan pekerja.Yang penting itu bisa dapat naik katalog semacam kontrak selama setahun.
Image result for garsel cibaduyut
Jika penjualan tas design kita tinggi kita bisa masukkan design baru lagi. Jika bisa membuat 3 - 4 model design baru dan tiap model terjual 10 lusin, maka dalam satu bulan bisa dapat order 30 lusin, lumayanlah. Dengan order sebanyak itu bisa mempekerjakan 8 - 10 orang dengan 6 unit mesin jahit.
Mereka mengerjakan model yang diminta beserta logo Garsel, jadi polos tanpa merek. Mereka pasang merek mereka sendiri yaitu Garsel.
Garsel banyak produk selain tas juga sepatu. Terkenal centra usaha sepatu dan tas di Cibaduyut, Bandung.

Image result for garsel cibaduyut
Disamping ke Garsel Cibaduyut, dia juga bekerjasama dengan adik adik mahasiswa/i. Mereka jualan on line dengan pasang gambar di website dan akun sosial media mereka, ada order baru kami kerjakan. Tinggal serahkam sample ke adik adik mahasiswa.
Jadi ada kepastian order baik sudah naik katalog Garsel maupunkepastian order dari adik adik mahasiswa/i. Mereka juga senang menambah uang kuliah yang pasti terbatas. Itu kelebihan mahasiswa zaman now kuliah sambil berbisnis disela sela waktu luang merekaTop of Form

No comments:

Post a Comment