5/09/2018

BUDIDAYA KLENGKENG NEW KRISTAL

Related image


Image may contain: one or more people and outdoor
Yohanes Pramono
Kembali pada topik yang ingin saya bagikan yaitu, pertama tentang kelengkeng New Kristal yang juga hampir sama karakternya dengan kelengkeng yang lebih baru yaitu kelengkeng Puangphet.
Kedua, kelengkeng ini sangat istimewa berbuahnya jika diperlakukan perawatan yang baik, boleh dikata bersifat ugal-ugalan saat berbuah, bahasa Jawanya ‘ra nduwe dugo’.

Bagaimana tidak saya katakan ugal-ugalan karena pada kelengkeng biasa, dalam satu tandan, paling berat buah termasuk tangkainya rara rata hanya 1 kg sampai 2 kg. Sedang kelengkeng New Kristal maupun Puangphet rekornya bisa sampai 5 kg dalam satu tandannya.
Akibatnya jika pada tangkai buah tidak diberi penyangga buah , bisa berakibat tangkai/dan dahannya bisa patah, karena tidak menutup kemungkinan dalam satu dahan muncul lebih dari satu tandan buah. Nekad sekali jenis kelengkeng ini.

Image may contain: plant, tree, outdoor and nature
Mengingat hebatnya jumlah buahnya, maka perawatannya harus betul-betul diperhatikan, agar berbuahnya bisa terus dipacu.
Apa bisa dipacu berbuahnya ?
Betul, kelengkeng jenis ini pembuahannya bisa dipacu dengan cara di booster karena kelengkeng ini jenis kelengkeng temperate artinya kelengkeng ini sebetulnya hanya bisa berbuah di daerah sub-tropis dimana perbedaan suhu dimalam hari dan siang hari bisa sangat ekstrim.Pada daerah dengan iklim seperti inilah pohon kelengkeng ini baru mau berbuah ( nanti dilain kesempatan akan diulas kelengkeng jenis temperate maupun non-temperate ) .

Image may contain: plant, nature and outdoor
Untunglah dengan kemajuan teknologi pertanian sekarang hal ini bisa disiasati dengan pemberian kelengkeng booster sehingga pohon ini bisa dibuahkan dengan mudah di iklim tropis, bahkan didataran rendah seperti kota Semarang, kelengkeng ini dengan mudah bisa dibuahkan. Dan harga boosternya juga relative murah, sekitar Rp.50.000 satu sachet isi 250 gr dibandingan dengan buah yang dihasilkan.
Melihat sifat dari kelengkeng ini maka saya akan membuat jadi 2 episode pembahasannya yaitu pertama mengenai perawatan dan kedua mengenai cara pemboosteran.
NB: Untuk mereka yang ingin membaca artikel saya yang lain di Face book group Wirausaha Pemula Indonesia, silakan Klik #Budidayatanaman dibawah Judul tiap artikel terus scroll kebawah klik lihat semua.


No comments:

Post a Comment